Materi Pertemuan 11: Website



Website

            
            Website adalah kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di dalam Internet.
a. Jenis – jenis Website
- Website Statis
- Website Dinamis
- Website Interaktif

Penggunaan Website


a. Fungsi Website
- Fungsi komunikasi
- Fungsi informasi
- Fungsi entertainment
- Fungsi transaksi
b. Tujuan Website
- Memperluas jangkauan promosi
- Media tanpa batas
- Promosi terluas
- Media pengenalan perusahaan
- Sebagai media promosi

Mengorganisasikan Isi Website

Membangun Sebuah Situs:
- Mengidentifikasi Objektif
- Membangun sebuah daftar topic
- Organisasi isi
- Menyediakan struktur
- Perubahan Isi

Nama Domain

            Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website.

Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :

• .co.id: Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah

• .ac.id: Untuk Lembaga Pendidikan

• .go.id: Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia

• .mil.id: Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia

• .or.id: Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”, ”co.id”, ”go.id”, ”mil.id” dan lain lain

• .war.net.id: Untuk industri warung internet di Indonesia

• .sch.id: Khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU

• .web.id: Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

 

Analisis Website

            Web Analytics adalah alat yang digunakan dalam upaya pemasaran online dengan menganalisa, mengevaluasi, dan mengukur data kunjungan (traffic), waktu kunjungan, geografis pengunjung, dan data penting lainnya dari sebuah situs web.

Langkah yang diperlukan untuk menciptakan dan mengimplementasikan strategi web analytics services yang efektif:

1.     GOOGLE WEB OPTIMIZER

2.     SOCIAL MEDIA ANALYTICS

3.     HEAT MAPS

4.     FUNNEL OPTIMIZATION

5.     GOAL TRACKING

6.     IDENTIFY TRAFFIC SOURCES

7.     ONLINE ADVERTISING INTEGRATION

 

Referensi

https://elearning.uty.ac.id/pluginfile.php/127854/mod_resource/content/1/11_Website.pdf

 

Komentar