Audio
Audio
sering disebut sebagai media komunikasi. Audio dalam sistem komunikasi
bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi.
Audio
terbagi jadi 2, yaitu:
1. Audio
Speech
Specch
dalam interface berguna untuk keadaan : Tangan user sibuk, mata user harus
memperhatikan sesuatu kondisi yang tidak memungkinkan menggunakan keyboard.
2. Audio
Non-Speech
Audio
Non-Speech digunakan sebagai alarm dan warning, atau status information.
Penampilan informasi yang redundan dapat meningkatkan kinerja user. Contohnya,
user dapat mengingat suara yang mencerminkan icon tertentu, tapi bukan tampilan
visualnya.
Perbedaan
Speech dan Non-Speech
·
Speech
User
harus mendengarkan keseluruhan kalimat sebelum mengerti maksudnya, sehingga
membutuhkan waktu yang panjang.
·
Non – speech
Dapat
diasosiasikan dengan kejadian khusus, dan waktu yang dibutuhkan lebih pendek
Agent
Agents
adalah segala sesuatu yang dapat melihat, mengartikan, mengetahui (perceiving)
linkungannya melalui alat sensor (sensors) dan bertindak (acting) melalui alat
aktuator (actuators)
· Manusia sebagai agent:
mata, telinga dan organ lainnya sebagai sensors; tangan, kaki, mulut dan bagian
tubuh lainnya sebagai actuators
·
Robot sebagai agent:
kamera dan pejejak infra merah sebagai sensors; berbagai motor pengerak sebagai
actuators
Tipe
– tipe Agent:
a. Goal
- based
Tujuan - tujuan
tertentudapat dicapai dengan cara-cara berbeda.
b. Utility
– based
Agent membutuhkan
tujuan untuk mengetahui situasi mana yang diharapkan. Akan menjadi sulit ketika
urutan yang panjang dari tindakan tindakan (actions) dibutuhkan untuk mencari
tujuan.
c. Learning
Semua program-program
agent terdahulu mendeskripsikan metode untuk memilih tindakan-tindakan
(actions).
User
Interface Agent
Agent
membantu user dalam penggunaan interface. Jenis-jenis agent antara lain:
1. Manipulasi
langsung. User memulai tindakan dan menggunakan agent secara langsung.
2. Manajemen
tidak langsung. Proses kerja sama dimana manusia dan komputer bersama-sama
memulai tindakan.
Personal
assistant merupakan agent yang termasuk autonomous agent yang membantu user
untuk menyelesaikan tugas. Sifat personal assistant antara lain:
1. Tingkatannya
bisa diubah
2. Menggunakan
petunjuk
3. Menggunakan
inisiatif
Referensi
https://elearning.uty.ac.id/pluginfile.php/127857/mod_resource/content/1/14_Audio%20dan%20Agent.pdf
Komentar
Posting Komentar