Materi Pertemuan 14: Audio & Agent


Audio

Audio sering disebut sebagai media komunikasi. Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi.

Audio terbagi jadi 2, yaitu:

1.      Audio Speech

Specch dalam interface berguna untuk keadaan : Tangan user sibuk, mata user harus memperhatikan sesuatu kondisi yang tidak memungkinkan menggunakan keyboard.

2.      Audio Non-Speech

Audio Non-Speech digunakan sebagai alarm dan warning, atau status information. Penampilan informasi yang redundan dapat meningkatkan kinerja user. Contohnya, user dapat mengingat suara yang mencerminkan icon tertentu, tapi bukan tampilan visualnya.

 

Perbedaan Speech dan Non-Speech

·         Speech

User harus mendengarkan keseluruhan kalimat sebelum mengerti maksudnya, sehingga membutuhkan waktu yang panjang.

·         Non – speech

Dapat diasosiasikan dengan kejadian khusus, dan waktu yang dibutuhkan lebih pendek

 

Agent

Agents adalah segala sesuatu yang dapat melihat, mengartikan, mengetahui (perceiving) linkungannya melalui alat sensor (sensors) dan bertindak (acting) melalui alat aktuator (actuators)

·     Manusia sebagai agent: mata, telinga dan organ lainnya sebagai sensors; tangan, kaki, mulut dan bagian tubuh lainnya sebagai actuators

·         Robot sebagai agent: kamera dan pejejak infra merah sebagai sensors; berbagai motor pengerak sebagai actuators

 

Tipe – tipe Agent:

a.       Goal - based

Tujuan - tujuan tertentudapat dicapai dengan cara-cara berbeda.

b.      Utility – based

Agent membutuhkan tujuan untuk mengetahui situasi mana yang diharapkan. Akan menjadi sulit ketika urutan yang panjang dari tindakan tindakan (actions) dibutuhkan untuk mencari tujuan.

c.       Learning

Semua program-program agent terdahulu mendeskripsikan metode untuk memilih tindakan-tindakan (actions).

 

User Interface Agent

Agent membantu user dalam penggunaan interface. Jenis-jenis agent antara lain:

1.      Manipulasi langsung. User memulai tindakan dan menggunakan agent secara langsung.

2.      Manajemen tidak langsung. Proses kerja sama dimana manusia dan komputer bersama-sama memulai tindakan.

 

Personal assistant merupakan agent yang termasuk autonomous agent yang membantu user untuk menyelesaikan tugas. Sifat personal assistant antara lain:

1.      Tingkatannya bisa diubah

2.      Menggunakan petunjuk

3.      Menggunakan inisiatif

 


Referensi

https://elearning.uty.ac.id/pluginfile.php/127857/mod_resource/content/1/14_Audio%20dan%20Agent.pdf  


Komentar