Rapid Prototyping
Rapid prototyping adalah pemodelan dengan
menggunakan Computer Aided Design (CAD) tiga dimensi yang menggunakan model
berskala, mulai dari bagian suatu produk, rakitan produk, maupun gabungan dari
rakitan produk tersebut secara cepat. Rapid Prototyping memungkinkan
visualisasi suatu gambar tiga dimensi menjadi benda tiga dimensi asli yang
mempunyai volume.Dimensi Prototyping
1. Penyajian (Representasi)Dari sebuah prototyping dapat dipertanyakan apakah hasilnya nanti akan di pertanyakan dalam bentuk tekstual atau dalam bentuk visual.
2.
Lingkup (Jangkauan)
Prototyping dapat berupa tampilan antar muka secara umum dan juga bisa dilengkapi dengan tampilan yang telah dilengkapi dengan contoh perhitungan ataupun tampilan data.
3.
Executability (Dapat dijalankan)
Adalah lingkup yang menjelaskan prototype apakah dapat dijalankan atau tidak, apabila dapat dijalankan bagaimana saat prototype tidak dijalankan? Apakah ada mode ‘sleep’ sementara?
4.
Maturation (Pematangan)
Prototyping dapat melalui tahap-tahap tertentu hingga mencapai tahapan titik yang dianggap sudah matang sebelum memulai membuat sebuah proses pembuatan.
- Revolusioner : Menganti yang lama dengan yang baru.- Evolusioner : Terus melakukan perubahan pada perancangan sebelumnya.
Terminologi Prototyping
1. Prototype HorisontalMengerjakan atau menunjukkan sebagian besar interface, tetapi tidak mendalam.
2.
Prototype Vertikal
Lebih sedikit aspek atau fitur dari interface yang disimulasikan, tetapi dilaksanakan dengan rincian yang sangat baik.
3.
Early Prototyping (prototipe cepat)
4.
Late Prototyping (prototipe lambat)
5.
Low-fidelity Prototyping (prototype dengan tingkat ketepatan
yang rendah)
a. Contoh (1) storyboard:
- Digunakan diawal desain.- Biasanya digunakan dengan skenario, lebih terinci, dan dapat diputar ulang.- Kumpulan dari sketsa/ frame individual.- Menyajikan urutan inti cerita.- Menunjukkan bagaimana kemungkinan user dapat mengalami peningkatan melalui setiap aktifitas.
b. Contoh (2) sketsa:
- Sketsa sangat penting untuk low-fidelity prototyping.- Jangan takut dengan kemampuan menggambar.- Menyajikan “tampilan” yang kotor dan cepat dari interface, konsep desain, dll.
c. Contoh (3) “wizard-of-oz”:
- User berpikir mereka berinteraksi dengan komputer, tapi developer lebih menanggapi hasilnya daripada sistemnya.- Biasanya dilakukan diawal desain untuk memahami apa yang diharapkan oleh user.
- Form skematik.- Navigasi dan fungsi yang disimulasikan biasanya berbasis pada apa yang tampil pada layar atau simulasi layar.
- Tools yang digunakan: powerpoint, illustrator, dll.
- Hi-fi prototype seperti sistem akhir.- Menggunakan bahan baku yang sama seperti produk akhir.- Tools yang digunakan: Macromedia Director, Visual Basic, Flash.
Metode Rapid Prototyping
Beberapa metode Rapid Prototyping yang berkembang saat ini adalah:1. Stereolithography (SLA)2. Selective Laser Sintering (SLS)3. Laminated Object Manufacturing (LOM)4. Fused Depsition Modelling (FDM)5. Solid Ground Curing (SGC)
Deskripsi Desain
Dapat berupa deskripsi tekstual dari suatu desain system. Kelemahan yang nyata adalah seberapa jauh dari system yang sebenarnya dan tidak dapat melakukan pekerjaan yang mewakili aspek dari interface.Sketsa
-
Paper based
“menggambarkan” interface.
-
Baik untuk
mengungkapkan pendapat.
-
Difokuskan
pada orang dengan desain tingkat tinggi.
-
Tidak
terlalu baik untuk menggambarkan alur dan rinciannya.
-
Murah dan
cepat.
-
Umpan balik
sangat menolong.
Storyboard
- Pensil dan simulasi catatan atau walkthrough dari kemampuan dan tampilan system.Skenario
-
Hipotesis
atau imajinasi penggunaan.
-
Biasanya
menyertakan beberapa orang, peristiwa, lingkungan dan situasi.
-
Menyediakan
konteks operasi.
-
Terkadang
dalam format naratif, tetapi juga dapat berupa sketsa atau bahkan video.
Prototyping Tools
1.
Draw/Paint
Program, contoh: Photoshop, Coreldraw
- Menggambar setiap layar, baik untuk dilihat.- Prototype horisontal, tipis.- Adobe Photoshop.
- Letakkan tampilan seperti storyboard dengan (animasi) perubahan diantaranya.- Dapat memberikan user catatan yang sangat spesifik.- Disebut chauffeured prototyping.- Macromedia Director.
- Tools untuk menampilkan jendela, kendali, dan lain-lain dari interface.
Komentar
Posting Komentar