Jenis-jenis Kesalahan
a. Syntax Error
Adalah
kesalahan yang diakibatkan karena penulisan atau tata bahasa yang tidak benar.
Error ini membuat pihak yang diminta untuk mengerjakan sesuatu menjadi bingung,
sehingga tidak bisa melakukan perintah tersebut. Apabila terjadi kesalahan
jenis ini, proses tidak akan diberhentikan, atau tidak dilanjutkan, sampai yang
bersangkutan menulis perintah membenarkan perintah tersebut.
b. Logical Error
Adalah
jenis kesalahan secara logika. Jika ditemukan kesalahan dengan jenis ini,
proses tetap dilanjutkan, namun tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya.
Kesalahan dalam logika ini akan mengakibatkan hasil suatu proses tidak sesuai
dengan yang diharapkan, umumnya prpses ini tidak berhenti karena kesalahan
logika ini, Nah, kita memang harus berhati – hati dengan kesalahan secara logic
ini. Sistem akan memberikan informasi sesuai dengan yang kamu berikan. Makanya,
ketelitian diperlukan di sini.
c. Run-time Error
Kesalahan
jenis ini disebabkan karena waktu suatu perintah dieksekusi, sistemnya sendiri
yang tidak siap menerima perintah tersebut, bisa saja disebabkan permintaan
yang kamu lakukan tidak tersedia, atau karena penyebab secara teknis lainnya.
Tipe-tipe Kesalahan User
(Errors):
1. Kesalahan Persepsi
- Gagal menangkap informasi.
- Gagal menangkap perhatian pengguna.
- Contoh : 8/B, Z/2, I/1.
2. Kesalahan Kognitif
- Ketiadaan bantuan.
- Inkonsistensi.
- Ketiadaan status informasi.
- Kemampuan yang kurang.
- Contoh: argumen yang tidak konsisten pada pada
sintak command language.
3. Kesalahan Motorik
- Lemahnya koordinasi tangan dan mata.
- Tekanan kecepatan.
- Memerlukan kemampuan yang tinggi pada koordinasi
tangan dan mata.
- Memerlukan jenis keahlian lainnya.
- Contoh : Click mouse single atau double, mengetik dengan cepat membuat
banyak kesalahan.
4. Kesalahan Leksikal
- Misalnya kesalahan mengeja keyword.
- contoh: then ditulis ten.
5. Kesalahan Sintaks
- Misalnya pada operasi aritmatika kekurangan jumlah
paranthesis (kurung).
- contoh :
A:=X+(B*(C+D).
6. Kesalahan Semantik
- Tipe data yang salah, misal tipe data integer
digunakan untuk variabel string.
- Contoh : Var Siswa : Integer
Siswa := 'Aka‘ {tipe string}
Variabel belum didefinisikan tetapi digunakan dalam
operasi.
- Contoh : B := B + 1 {B belum
didefinisikan}.
Jenis-jenis Slip dalam
Sistem
1. Kesalahan Capture
Adalah kesalahan karena terlalu sering atau sudah
kebiasaan.
2. Kesalahan Deskripsi
Adalah kesalahan dalam melakukan aksi pada
objek yang salah. Contoh: klik ‘X’ untuk menutup editor, tetapi yang di
klik adalah ‘X’ aplikasi. Otomatis aplikasi akan close.
3. Kesalahan Data Driven
Adalah kesalahan karena pengaruh data dari area edit.
Contoh: menulis nama file dengan sesuatu yang terbaca di sekitar windows, atau
menulis nama file dengan menulis nama yang sama yang sudah ada didalam disk
atau tempat penyimpanan.
4. Pengaktifan Asosiatif
Adalah kesalahan karena pengaruh data yang ada di dalam
pikiran user saat itu. Contoh: mirip dengan Kesalahan Data Driven, tetapi ini
berkaitan dengan sesuatu yang ada di pikiran user pada saat itu.
5. Hilangnya Pengaktifan
Adalah kesalahan karena lupa apa yang seharusnya
dilakukan. Contoh: user lupa mau mengetikan apa yang mau dia ketik.
6. Kesalahan Mode
Adalah kesalahan akibat lupa ada di dunia mana. Contoh
: mengetikan suatu perintah padahal dia sedang berad apa dapengeditan teks.
Petunjuk Pencegahan Kesalahan
- Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
- Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
- Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
- Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
- Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
- Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
- Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.
Petunjuk Memperbaiki Kesalahan
Menyediakan tipe-tipe
tanggapan yang sesuai.
Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan,
kemudian melegalkan tindakan yang salah.
Menyediakan fungsi “undo”
dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
Meminta konfirmasi untuk
perintah yang drastis dan bersifat merusak.
Menyediakan pengecekan yang
beralasan pada masukan data. Mengembalikan kursor ke area kesalahan,
memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
Menyediakan beberapa
kecerdasan buatan.
Menyediakan akses cepat
kepada bantuan untuk konteks-sensitif.
Jenis Dokumen dan Alat Bantu
Jenis help dan dokumentasi
dibedakan menjadi 2 bagian yaitu:
a. Paper-based (tercetak)
Keunggulan menggunakan paper-based yaitu:
- Pengguna dapat menggunakannya di luar masa pengerjaan tugas.
- Pengguna dapat menuliskan catatan tertentu yang diperoleh saat menjalankan sistem.
Kekurangannya yaitu:
- Agak sulit mendeskripsikan sesuatu yang bergerak.
- Sulit menyesuaikan antara sesuatu yang dibaca dengan kenyataan sebenarnya di dalam system.
- Pengguna akan kesulitan membaca saat menjalankan sistem, karena kurang praktis.
b. Computer-based
Jenis computer-based yaitu:
- Command assistance. Ditemui pada sistem DOS dan UNIX. Pengguna dapat menggunakan bantuan dengan mengetikkan parameter tertentu.
- Command prompts. Jenis bantuan yang biasanya tampil bila pengguna melakukan kesalahan sederhana misalnya kesalahan sintaks
- Context sensitive help. Jenis ini berbentuk menu based system yang menyediakan bantuan pada menu option.
- Online tutorial. Mengijinkan user bekerja melalui aplikasi dasar dengan lingkungan percobaan. User dapat melihat kemajuan sesuai dengan kecepatan dan dapat mengulangi bagian dari tutorial yang dia inginkan. Kebanyakan tutorial online tidak mempunyai bagian intelligent, karena tidak mempunyai pengetahuan tentang user dan pengalaman user sebelumnya.
- Online documentation. Jenis ini tersedia secara online di internet/ intranet, khususnya untuk aplikasi yang diproduksi secara massal.
- Intelligent Help System. Dioperasikan untuk memonitoring aktifitas user dan mengkonstruksikan model sesuai dengan user. Model ini termasuk pengalaman, preferences, kesalahan user atau kombinasi dari semuanya.
Empat Jenis Bantuan yang dibutuhkan User:
1. Quick Reference
Digunakan sebagai pengingat untuk user dari suatu yang detail yang
secara dasar sangat familiar dan biasa digunakan.
2. Task-Spesifik Help
Digunakan untuk membantu user menghadapi masalah atau tidak pasti
mengambil tindakan dalam memecahkan masalah yang khusus.
3. Full Explanation
Suatu alat bantu atau perintah yang dapat membantu memahami secara
lengkap.
4. Tutorial
Khusus untuk user baru yang menyediakan perintah secara step by step.
Isu Presentasi
1. How is help request?
Pilihan pertama bagi perancang untuk membuat bagaimana bantuan dapat
diakses oleh user. Terdapat beberapa
pilihan. Bantuan ini dapat berupa command, button fungsi yang dapat memilih on
atau off atau aplikasi yang terpisah.
2. How is help displayed?
Bagaimana bantuan dapat dilihat oleh user. Dalam system window mungkin ditampilkan dalam
window yang baru. Dalam sistem lain mungkin dalam layar yang penuh atau bagian
dari layar. Alternatif lain dapat
berbentuk pop-up box atau tingkat command line.
3. Effective presentation of
help
Tidak menjadi masalah
teknologi apa yang
digunakan untuk membuat akan tetapi yang perlu diperhatikan akan menjadi
suatu prinsip, yaitu keefektifan.
Pengaturan dokumen
Sumber data yang
mudah didapat adalah dokumentasi yang telah ada di organisasi seperti buku
manual, buku instruksi, materi training dan lain sebagainya. Dokumen-dokumen
ini umumnya berfokus pada item tertentu dalam suatu peralatan atau software
komputer.Dokumen manual peralatan tertentu misalnya, mungkin hanya memberikan
informasi mengenai fungsi dari peralatan tersebut tidak bagaimana peralatan
tersebut digunakan dalam pengerjaan suatu tugas.Selain itu juga mungkin terdapat
dokumen peraturan perusahaan dan deskripsi tugas yang memberikan informasi
mengenai tugas tertentu dalam konteks yang lebih luas.Namun perlu diperhatikan,
dokumentasi jenis ini hanya memberitahukan bagaimana seharusnya suatu pekerjaan
dilakukan bukan bagaimana sebenarnya seseorang melakukan pekerjaan tersebut.
Referensi:
http://whatssyifaread.blogspot.com/2020/07/penanganan-kesalahan-dan-help.html
https://docplayer.info/30311317-Penanganan-kesalahan-dan-help-dokumentasi.html
http://ahariawan.blogspot.com/2015/06/tugas-imk-9-penanganan-kesalahan-dan.html
https://text-id.123dok.com/document/q2kxr9rq-penanganan-kesalahan-dan-help-dokumentasi-2.html
Komentar
Posting Komentar